4 Ukuran Rak Minimarket Terpenting Di Setiap Jenisnya

Sebelum langsung kita ingin mengetahui lebih dalam mengenai ukuran rak minimarket, kamu dapat membaca terlebih dahulu bagian yang ada.

Bagian-Bagian Pada Rak Minimarket

Saat ini rak yang sering digunakan oleh khalayak umum menggunakan rak yang berbasis pada bongkar pasang (knock-down) yang memiliki tingkat mobilitas yang tinggi. Dari segi biaya, harga yang ditawarkan juga terbilang lebih murah apalagi yang menggunakan material kayu atau besi. Dari sinilah istilah adanya rak utama (starting) dan sambung (adjointing).

Sebelum kita lebih dalam lagi, kita ketahui terlebih dahulu bagian yang terdiri dari rak tersebut.

tiang rak gondola minimarket
Spesifikasi ukuran rak gondola minimarket
  • Tiang
    Menggunakan baja beam dengan tebal 2cm dengan tinggi 120cm, 150cm, 180cm dan 200cm
  • Shelving
    Sebuah papan pada rak yang memiliki lebar dasar 40cm dan atas 35cm dengan panjang fix 90cm. Jumlah susunan shelving setiap rak berbeda-beda tergantung pada tinggi rak yang dipilih.
  • Bracket
    Penyangga/tumpuan untuk menahan shelving beserta barang yang diletakkan diatasnya yang memiliki ukuran lebar yang sama dengan susunan shelving.
  • Backmash
    Penutup/pembatas yang berupa jaring wiremesh atau plat (backpanel) yang memiliki tinggi dan lebar yang sama dengan rak itu sendiri.

Ukuran Rak Minimarket Berdasarkan Tipenya

Apabila kamu termasuk orang yang sedang ingin berbinis ritel, tentu saja membeli rak minimarket atau toko merupakan hal yang perlu diperhatikan baik dari spesifikasi, material serta dimensi dari rak tersebut. Dalam menyesuaikannya, juga perlu mempelajari sebuah konsep seperti planogram agar dapat menunjang konsumen dalam memilih dan memilah produk dengan mudah. Selain itu hal ini juga dapat memudahkan pemilik toko dalam penempatan produk dan pengontrolan stok barang.

Shelving rak pada minimarket ini juga sering disebut sebagai rak gondola yang memiliki banyak ukuran yang bisa kamu pilih dengan menyesuaikan dimensi ukuran ruangan serta kebutuhan display pada toko tertentu.

Setiap jenis dan ukuran rak di minimarket, toko kelontong, toko bangunan, swalayan hingga supermarket secara umum mirip namun spesifikasinya sangat berbeda. Menyesuaikan dengan pembeli yang belanja adalah poin yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sehingga pertimbangan jenis rak dapat sesuai dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa jenis rak yang setiap tipenya memiliki ukuran yang disesuaikan dengan tujuan dari pembelian, seperti:

Rak Single Wall

Merupakan rak dengan 1 muka sisi pada deret yang sama yang biasanya diletakkan pada sisi ruangan. Karena menempel pada tembok, rak single ini juga sering disebut sebagai rak dinding minimarket.

Pada produk kami, rak wall ini memiliki ukuran:

  • Rak Single 90cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 120cm /4 susun
  • Rak Single 90cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 150cm /4 susun
  • Rak Single 90cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 180cm /4 susun
  • Rak Single 90cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 200cm /5 susun

Rak Double/Island

Adalah rak yang memiliki 2 muka sisi dengan deret yang saling berseberangan dengan peletakannya pada tengah ruangan karenanya sering disebut sebagai rak pulau (island).

Dengan kapasitas yang lebih besar daripada satu sisi sebagai tempat penataan barang, rak ini juga lebih popular dan paling sering digunakan pada ritel besar.

  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 120cm /8 susun
  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 150cm /8 susun
  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 180cm /8 susun
  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 200cm /10 susun

Rak End Gondola

Rak jenis terakhir, rak end gondola adalah rak yang memiliki 3 sisi muka dalam satu paket yang berbentuk T. Penempatan rak end gondola ini sering kali berada ditempatkan pada setiap ujung depan atau belakang dari rak island.

  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 120cm /12 susun
  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 150cm /12 susun
  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 180cm /12 susun
  • Rak Double 120cm x (35cm bawah, 40cm atas) x 200cm /15 susun