Introduction

12 Peralatan Display Outlet & Retail yang Paling Efektif

peralatan display

12 Peralatan Display Outlet & Retail yang Paling Efektif

Perlengkapan display kian hari menjadi semakin diperlukan sebagai alat peunjang guna memamerkan produk kepada khalayak umum.

Berbicara omzet pada kedua industri ini, selain lokasi juga erat kaitannya dengan fasad baik eksterior maupun interior. Tidak dipungkiri lagi bahwa cara penataan dagangan menjadi begitu berpengaruh terhadap Point of Purchase (POP) atas perkembangan penjualan.

Dalam hal penataan barang dagang secara visual (merchandising visual), terdapat strategi dan cara tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai pabrik yang memproduksi rak gondola minimarket & supermarket, PT. ASIK memberikan sedikit insight untuk kamu tentang .

Dengan mengetahui karakteristik ceruk pasar tertentu setidaknya kamu akan lebih sadar bahwa alat bantu display ini sangat berguna untuk pertumbuhan.

Peralatan Display Retail untuk Supermarket

Perlengkapan display ritel seperti swalayan, minimarket dan supermarket dalam penataannya dapat menggunakan alat seperti:

  • Showcase
    Sebuah alat pajangan display yang sekaligus menjadi etalase untuk penjualan untuk display minuman, namun tak sering juga banyak menampilkan daging yang masih segar (fresh meat)
penataan peralatan display minuman
Penataan display minuman pada showcase
  • Gondola
    Merupakan perlengkapan utama khususnya rak di minimarket yang menjadi tempat display produk ritel. Rak ini terdiri dari dua jenis model yaitu single end (memiliki 1 berada pada dinding) dan double island (2 sisi berada di tengah)
  • Shelving
    Mirip dengan gondola, namun shelving ini lebih tertuju pada susunan rak pada toko ritel yang ada. Mengingat
  • Frozen Chiller
    Berbeda dengan chiller pada industri HORECA, chiller ini tidak terlalu dingin dengan kadar yang pas untuk mengawetkan daging, sayur-sayuran, frozen food dan sebagainya.
frozen chiller
  • Single Ram
    Media panjang yang bermaterialkan besi, stainless steel ataupun baja. Adalah alat yang sering terlihat di toko serba ada untuk menggantungkan produk-produk berkemasan yang terdapat lubang pada kemasannya seperti, frozen food, snack, dan sebagainya.
  • Klip Strip
    Strip panjang yang menggantung secara vertikal dengan kaitan yang ideal untuk menyimpan produk-produk mini.

Alat Bantu Display untuk Fashion & Busana

Walaupun terkadang sering pula produk-produk fashion menggunakan bantuan alat display seperti pada industri ritel diatas, terdapat beberapa hal yang membedekannya.

  • Wagon
    Nah alat ini biasanya dijadikan sebagai tanda bahwa masih terdapat promo atau diskon yang produk tersebut ditempatkan pada box kira2 memiliki ukuran berkisar 2 meter x 2 meter.
wagon box promo
  • Rak Garmen
    Rak jenis pajangan pakaian yang cukup familiar dengan semua orang. Namun terdapat beberapa karakteristik unik dari rak ini, yaitu bentuknya beragam. Ada berbentuk melingkar, bertingkat dan atau kombinasi keduanya.
rak garmen
  • Boneka Manekin
    Manekin merupakan manifestasi dari peletakan produk dagangan secara visual. Manekin memang sengaja dibuat menjadi replika manusia untuk memudahkan dalam memilah dan memilih produk garmen yang cocok dengan customer.
manekin produk
  • Platform/Tabel Tampilan
    Bukan meja atau kursi yang berada di dekat produk, namun platform atau tabel tampilan ini dipakai dan difungsikan sebagai majority product baru rilis.

[Best Practice] Cara Menata Peralatan Display Versimu Sendiri

Merancang dan menerapkan tampilan interior merupakan hal yang wajib dilakukan dan cukup memakan tenaga, tapi percayalah potensi ROI-nya sangat berharga.

Dari daftar seperti yang telah disebutkan seperti diatas, poin gondola hingga platform tersebut dapat kamu putuskan tampilan mana yang terbaik untuk produkmu.

Oh iya, kami memiliki saran untukmu yang bisa dijadikan petunjuk praktik terbaik untuk strategi penataan merchandising visual:

  1. Memakai papan nama maupun pesan kreatif sebagai strategi psikologi dengan tampilan yang menarik sehingga customer merasa diperhatikan.
  2. Tampilan pintu masuk, endcaps, banner berdiri, tampilan jendela semuanya akan mempengaruhi fasad dan eksposur tokomu. Perhatikan baik-baik ya!
  3. Tempat sampah, klip strip, dan tampilan meja ideal untuk menampilkan produk yang lebih kecil.
  4. Jangan melupakan efektivitas tampilan penataan visual pada produk berkaitan dengan seberapa mahalnya alat tersebut. Alih-alih menjadi semakin easthetic, fancy, edgy atau artsy tetapi malah semakin ambruladul.
  5. Ekspresikan dirimu pada apa yang kamu visualisasikan dalam penataan tersebut.