Introduction

Bikin Label Harga Barcode Rak Toko Ternyata Mudah!

label harga barcode

Bikin Label Harga Barcode Rak Toko Ternyata Mudah!

Apabila kita berbelanja di minimarket atau hanya sekedar berjalan-jalan santai di supermarket kita sering melihat bahwa terdapat price tag yang berada di rak toko yang mana menunjukkan dari harga produk diatasnya. Dengan adanya price tag ini, kita sebagai konsumen sangat senang jika mengetahui adanya informasi harga tersebut sehingga kita bisa memperkirakan berapa belanjaan.

Konsep minimarket rumahan yang notabene mirip seperti dengan minimarket juga biasa menerapkan cara ini untuk memudahkan pencatatan keluar masuknya uang.

Cara Membuat Label Harga Barang

Kenyataannya, dengan adanya barcode harga pada produk jualan di toko ternyata sangat memudahkan karena proses transaksi dengan ratusan produk yang berbeda-beda sangat efisien dengan menggunakan label barcode.

Cara bagaimana membuat label harga lengkap dengan barcode per produk secara sistematis dengan biaya yang dapat ditekan adalah dengan menggunakan perangkat lunak (software) yang bernama Bartender.

Bahan-bahan yang harus diperlukan antara lain kertas label yang sudah berbentuk rol gulungan atau bisa juga dengan sebuah bentuk lembaran balik lagi dengan printer yang digunakan. Namun biasanya menggunakan kertas rol gulungan karena praktis dan cukup terjangkau.

Dibawah ini langkah-langkah bagaimana cara membuat label harga barcode:

  • Ukuran Label
    Tidak ada aturan mutlak disini, namun penyesuaian agar pas ukurannya dengan penjepit yang ada di rak lebih agar mudah dibaca oleh pelanggan (tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar). Contoh umumnya menggunakan ukuran 4×5 cm
  • Jika belum memiliki aplikasi/software Bartender bisa Anda download disini (berbayar) atau mencoba produk dalam negeri disini
  • Install Aplikasinya

Sebelum lanjut kebawah, pastikan terlebih dahulu ukuran rol gulung yang akan dipakai sehingga hasilnya presisi sesuai dengan hasil yang diharapkan. Setelah sudah terinstal, berikut tahapan untuk mengoperasikannya.

  1. Buka new template, kemudian klik text object sebagai penanda.
klik text 1

2. Setelah dipilih, drop sampel tulisan tersebut di halaman kerja yang berwarna putih seperti gambar dibawah.

drop sampel

3. Pada tulisan sample text, Anda bisa menggunakan tanda baik huruf maupun angka yang dapat dikombinasikan seperti contoh yang ada di gambar dibawah ini dengan contoh tulisan “AISI 309 SS 14”. Tulisannya bebas ya, Anda bisa menyortir secara urutan dari tanda barcode ini berdasarkan pada kategori produk yang Anda jual.

klik garis

4. Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan garis pada kertas yang akan dicetak.

4. klik garis

5. Sebagai contoh awalan kita langsung saja menuju pada hasilnya. Pada gambar dibawah ini telah jadi hasil akhirnya sebagai referensi contoh yang dapat Anda gunakan.

5. contoh jadi

Gambar diatas hanyalah sebagai contoh hasil dari printer barcode Bartender, bisa digunakan bisa juga dibuat label harga dicustom sendiri. Informasi lebih lengkap bagaimana cara membuatnya seperti pada video berikut ini.

Saya rasa semuanya sudah cukup jelas hingga titik ini bagaimana caranya bikin label harga barcode.

Teruntuk Anda yang sedang membutuhkan perlengkapan retail sesuai seperti halnya PT. Aku Sayang Indonesia Ku yang jual rak minimarket, keranjang belanja, meja kasir, trolley, rak gondola murah dan berbagai keperluan lainnya dapat memesan di tempat kami dengan harga yang pasti sangat murah karena kami langsung dari pabrik.

Kami layani semua perlengkapan dan kebutuhan retail Anda 🙂